Perkembangan adalah pola perubahan biologis ,kognitif, dan sosioemosional yang dimulai sejak lahir dan terus berlanjut disepanjang hayat.

Mempelajari perkembangan itu penting karena untuk :

  • Untuk menggambarkan perihal objek dan observasiperilaku anak usia dini hingga hayat.
  • Untuk menjelaskan kejadian-kejadian atau peristiwa empirik yang dialami seorang anak dalam lingkungan bermainya.
  • Untuk memperkirakan gejala-gejala psikis dan perilaku yang terjadi di masa anak dan umur setara yang timbul dilingkunganya.

Jadi perkembangan anak adalah pola yang mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan gejala anak dan perubahan biologisnya.

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak 

2. Proses Tumbuh Anak Memiliki Beberapa ciri-ciri yang Saling Berkait.

a.  perkembangan terjadi bersamaan dengan pertumbuhan.

dikarenakan setiap pertumbuhan pasti terjadinya perubahan fungsi.

b. pertumbuhan dan perkembangan memiliki kecepatan yang berbeda-beda.

sebagai mana pertumbuhan, perkembangan pasti memiliki kecepatan yang berbeda-beda, baik

dalam pertumbuhan fisik maupun perkembangan fungsi organ dan perkembangan pada masing

masing anak.

c. pertumbuhan dan perkembangan pada tahap awal menentukan perkembangan selanjunya.

setiap anak tidak akan pernah bisa melewati satu kali tahap perkembangan sebelum ia melewati

tahap perkembangan sebelumnya.

contohnya: seorang anak tidak akan pernah bisa berjalan sebelum ia dilatih untuk tita(berdiri kecil).

d. perkembangan memiliki tahap yang tetap dan tidak akan pernah berubahah.

sebagai contoh seorang anak tidak akan bisa berbicara sebelum ia dilatih untuh berbicara dari hal

yang kecil.

Referensi
Santrock, John W. (2004). Psikologi Pendidikan , Edisi Kedua. Jakarta : Kencana Prenada Media Group